Dalam mengunakan program autocad, garis merupakan hal yang sangat sering digunakan. Adakalanya kita mengunakan garis cukup satu buah saja, atau terkadang kita juga harus membuat garis dobel dalam jumlah yang cukup banyak dan berukuran sama, katakanlah ketika kita membuat dinding saat mebuat sebuah rumah. Anda pasti akan kesulitan jika hanyang menggunakan Offside saja, maka disini Multiline datang sebagai solusi cerdasnya. He he he

Untuk membuat multiline caranya dalah sebagai berikut:
Ketik Multiline atau dengan ketik “ML” pada keyboard kemudian perhatikan dalam comment line dibagian bawah

Seteleh itu kita atur justificationnya dengan mengetik huruf “J” di keyboard. Kemudian akan muncul pilihan semacam ini

Akan muncul kotak dialog untuk memilih top/zero/bottom. Jika kita memilih top “T” atau bottom “B”, maka garis yang akan kita buat akan menempel diatas atau dibawah pada garis yang akan kita buat garis dobelnya. Tetapi jika kita ingin menempatkan garis as tepat pada tengah, maka gunakan zero dengan mengetik huruf “Z” pada keyboard.


Kemudian yang terakhir kita tentukan skalanya dengan mengetik “S”, kemudian kita masukkan besaran dari garis yang akan kita buat.. misal kita masukkan angka 0,15, maka akan muncul seperti gambar ini

Yang diatas adalah multiline dalam bentuk style standart, artinya default multiline yang disediakan oleh autocad adalah garis berupa 2 buah. Nah sekarang bagaimana cara membuat 4 garis atau yang lebih… berikut cara cerdasnya..

Ketik multilinestyle dengan “mlstyle” pada keyboard, lalu akan muncul dialog seperti ini,

Kemudian klik “New”, lalu akan muncul dialog seperti ini


Setelah itu berikan nama pada multiline yang akan kita buat misal “EMPAT” dan Klik continue, hingga muncul kotak dialog semacam ini,

Untuk membuat 4 garis secara langsung, maka kita harus memasukkan elemen berjumlah 4 dengan klik “Add” dan mensetting jaraknya pada kotak Offset..  sebagai contoh saya akan memasukkan 4 garis, maka saya klik “Add” lalu saya setting satu persatu garis tersebut dengan memasukkan angka (dari atas)  0.75, 0.6, -0.6 dan -0.75 (jarak ini merpakan jarak dari as (garis utama) yang akan kita buat garis gandanya) kemudian saya tekan enter atau klik “oke”

Maka style dengan nama empat sudah bisa kita gunakan, untuk melihat garis yang telah kita setting, kita bisa melihatnya di agian bawah (Kotak dialog preview). Jika memang sudah tepat, maka klik set current untuk mengunakan settingan multiline tersebut.
Kemudian saya masuk multiline lagi dengan mensetting sama seperti diatas (perhatikan pada commendline pada bagian bawah, style anda akan berubah dari yang sebelumnya default menjadi setingan yang telah anda buat tadi, yaitu  EMPAT), namun disini skalanya kita masukkan angka 1 dan enter.. maka multiline anda akan menjadi seperti ini.

Untuk membuat 6 garis, 8 garis dan seterusnya caranya adalah sama…
Semoga bermanfaat..

About these ads