Assalamu`alaiykum….
Apa kabar kawan hari ini… semoga senyum cerah masih menghiasi wajah kita di pagi ini…
Kawan sekalian, dalam menggnakana program autocad. Tentu dalam atampilan awalnya akan begitu banyak muncul tool-tool yang belum tentu kitta mengetahui fugsinya.. he he he. Sehingga kita harus mengatur ulang agar tampilan tersebut sesuai dengan keinginan kita. Terkadang juga ketika kita telah mengatur tampilan dari Autocad yang sedang kita gunakan, misalnya kita telah menampilkan semua tool yang kita perlukan dalam tampilan yang telah kita setting. Namun ternyata ketika kita menutup program dan membukanya kembali, settingan yang telah kita buat tersebut akan kembali pada settingan default dari autocad yang kita punya.. terkadang menjengkelkan memang, karena kita harus kembali mengsetting ulang tampilan workspace agar sesuai seperti yang kita inginkan.
Tetapi kawan, kini kita tak perlu bimbang lagi, karena lewat web ini saya akan sedikit berbagi pengalaman tentang bagaimana cara mensetting workspace tampilan dari autocad yang kita gunakan, agar kita tidak melulu harus selalu mensetting tampilan workspace diawal penggunaan program.
Okey….. Caranya adalah sebagai berikut:
Pertama buka progaram autocad kita masing2
Ini adalah tampilan default Autocad classsic

Dan ini adalah tampilan yang 3 dimensi

Unttuk dapat mengaturnya silakan anda bisa mengatur terlebih dahulu tampilan workspace sesuai yang kita kehendaki, katakanlah settingan saya adalah semacam ini

Setelah selesai kita mengatur tampilannya, maka langkah selanjutnya yang dapat kita lakukan adalah membuat workspace baru dan menyimpannya,


Pertama, perhatikan pada toolbar workspace dibagian pojok kiri atas (dalam kotakan merah)
Kemudian klik pada anak panah di sebelah kanan nama workspace (dalam lingkaran biru), hingga muncul tampilan sebagai berikut
Akan muncul beberapa pilihan disana, bagian yang terblok warna biru adalah nama workspace yang sedang aktif kita gunakan. Untuk membuat baru, kita bisa klik di Save Current As, kemudian akan muncul dialog seperti ini


Kemudian berikan mana pada workspace yang akan anda buat, katakanlah disini saya berinama “Semar Engineer”, kemudian klik save. Dan liahat kembali tampilan workspace anda

Workspace dengan nama Semar Engineer telah ada dan ter blok dengan warna biru, sebagai tanda bahwa nama tersebut sedang aktif kita gunakan..
Untuk setting lebih lanjut.. yang perlu kita ketahui adalah, ketika kita membiarkan worksapce yang telah kita buat dengan seperti setingan diatas, maka ketika kita mensetting workspace kembali dan menutup program autocad, maka ketika kita buka kembali, settingannya kan berubah kembali pada settingan awal dari workspace sebelumnya.. agar settingan kita dapat berubah sesuai yang kita inginkan setiap kali kita mensetting ulang, kita harus mengatur lanjutan dari workspace yag telah kita buat tadi, caranya adalh sebagai berikut:
Klik pada tool workspace dibagian pojok kiri atas


Kemudian klik Workspace Setting, lalu akan muncul dialog seperti ini


Tanda centang pada nama workspace menunjukkan bahawa nama itu akan muncul manakala kita klik dalam tool workspace di bagian pojok kiri atas. Namuk ketika centangnya kita hilangkan, nama tersebut tidak akan kunsul dalam tool workspace..
Agar settingan kita selalu tersiman setiap kali kita merubahnya, yang perlu anda lakukan hanya mengklik “automatically save workspace changes” dan klik oke.. maka settingan kita akan berubah secara otomatis tiap kali kita mengaturnya..

Dan ini adalah tampilan akhir dari semua settingan yang telah kita buat bersama, (menggunakan Workspace aktif Semar Engineer)
Semoga kegalauan hati anda terpecahkan karena harus seringnya mengatur workspace tiap kali menggunkan program autocad. He he he…. SEMOGA BERMANFAAT….

Wasalamu`alaiykum……