lantai kayuUntuk menegaskan kesan etnik atau berbeda, Anda dapat menggunakan lantai kayu sebagai alternatif. Selain bernuansa sejuk saat panas dan hangat diwaktu dingin, corak kayu pun sangat mudah disesuaikan dengan berbagai interior rumah.
Hanya saja, lantai kayu sangat rentan terhadap perubahan cuaca yang menyebabkan lapuk dan juga rayap. Sehingga saat memutuskan untuk menggunakan lantai kayu, Anda harus memperhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan pemilihan kayu dan perawatannya agar tetap indah, nyaman dan awet untuk digunakan bertahun-tahun.

Pilih kayu yang bermutukayu lantai

Lantai kayu yang sesuai untuk material rumah, adalah yang terbuat dari kayu tahan cuaca dan rayap. Misalnya kayu jati, eboni, besi atau ulin, damar laut, bangkirai, dan merbau. Pastikan kayu yang Anda beli memiliki kadar air yang sangat minimal, sebab bila kandungan airnya masih tinggi, kayu akan mudah memuai, susut bahkan retak.

kayu lantaiPasang sesuai bidang ruang

Sebelumnya perhatikan dulu ukuran ruang di mana lantai kayu akan di pasang. Bila cukup luas, maka dasar lantai harus diperkuat strukturnya.  Begitu juga dengan lantai kayu yang sifatnya lunak, dasarnya sebaiknya dilapisi material lain terlebih dahulu agar kayu tidak mudah menyerap air dari permukaan tanah. Sedang lantai kayu yang berjenis keras, perkuat struktur lantai dengan menggunakan paku atau perekat lainnya, tergantung kondisinya.

Buat susunan kayu yang seimbang dengan bidang ruang, yaitu bidang lantai yang memanjang, sebaiknya lembaran kayu di susun secara vertikal. Sedang untuk bidang lantai yang melebar, susunlah lembaran kayu secara horizontal. Susunan ini akan memudahkan Anda dalam meletakkan furnitur. Agar tampilan kayu lebih maksimal, pastikan kondisi permukaan kayunya rata dan rapi. Sebab lantai yang permukaannya tidak rata akan merusak kayu dan kenyamanan ruang.

Kelebihan Lantai Kayu

Kelebihan menggunakan lantai kayu adalah, sejuk waktu panas,  hangat waktu dingin, indah dan anggun, nyaman, akrab, tidak masuk angin kalau ditiduri, hygienic dan non Allergy, tidak membongkar dan merusak lantai awal, kondisi lapisan tidak sampai mengelupas, tahan noda dan gores serta api rokok (bila menggunakan lapisan corundum crystal), tidak berubah warna, tahan air dan waterproof (bila lapisan atas menggunakan laminate).

Selain itu, lantai kayu mempunyai banyak warna dan corak untuk menyesuaikan dengan interior yang diinginkan, tidak berbau, mudah dibersihkan, diperbaiki atau diganti, tidak luka parah kalau jatuh di atasnya, tidak berisik pada saat diinjak, tidak lembab di ruang AC, cocok untuk daerah tropis maupun pegunungan, cocok untuk ruangan audio dan video, hemat waktu pemasangan dan pemeliharaan.

Peralatan Tangan dan Mesin dalam Pemasangan Lantai Kayu

A. Peralatan Tangan

Peralatan tangan yang biasa digunakan dalam pemasangan lantai kayu adalah;
a. Meteran,
b. Water pass atau selang plastik berisi air,
c. Siku-siku,
d. Pensil atau pena penggores,
e. Perusut,
f. Gergaji potong atau belah, dan
g. Palu besi/kayu/plastik,
h. Ketam

B. Peralatan Mesin

Peralatan mesin yang biasa digunakan dalam pemasangan lantai kayu adalah mesin kayu portable, diantaranya adalah;
a. Mesin gergaji bundar,
b. Mesin gergaji pita,
c. Mesin Ketam
d. Mesin bor, dan
e. Mesin amplas

 Parquet (Parket)

Parquet atau parket secara harfiah berarti bahan lantai yang terbuat dari kayu. Lantai dari bahan kayu sangat digemari sejak dari nenek moyang kita sampai sekarang dengan untuk lantai bangunanbangunan modern, seperti untuk rumah tinggal diperkotaan, villa, maupun bangunan-bangunan untuk fungsi umum lainnya.
 Parket merupakan lantai kayu siap pasang (ready made), yang terdiri parket kayu solid, parket kayu enginered, dan parket kayu laminate.

 1. Parket dari Bahan Kayu Solid

Parket dari bahan kayu solid biasanya terbuat dari kayu keras (jati, besi/ulin) berbentuk keping-keping kecil berukuran sedang dengan tebal antara 5 – 10 mm, disusun membentuk semacam mosaik yang didesain dalam beberapa pilihan pola. Jenis kayu solid akan bertahan dan bahkan bertambah baik penampilannya sepanjang umur bangunan rumah.
 Cara pemasangan parket dari kayu solid adalah sebagai berikut:
  1. Polyfoam dipasang di atas lantai yang rata, bersih, dan kering.
  2. Polywood diletakkan di atasnya, dimatikan pada lantai dasar dengan skrup serta fiser.
  3. Parket dilem di atas plywood
  4. Finishing dengan cara ditusir dan diamplas

2. Parket dari Bahan Kayu Engineered

Parket dari bahan kayu engineered adalah lantai parket yang terbuat dari kayu lapis keras atau particle board yang dilapisi oleh veneer (lapisan tipis dari kayu asli yang dipilih penampilan permukaannya). Jenis ini diciptakan untuk kemudahan dan kecepatan pemasangan. Pekerjaan dapat dilaksanakan lebih cepat, karena parket sudah direkatkan dengan plywood secara pabrikasi. Parket dipasang diatas polyfoam, dengan pemasangan polyfoam sebagaimana pemasangan pada lantai kayu bahan kayu solid. Ada pula lantai kayu enginered parquet yang terdiri dari 3 lapis yang tidak semuanya terbuat dari kayu, yaitu terdiri dari 3 lapisan, polyfoam lapisan terbawah, plywood atau kayu lapis dan kayu parket. Untuk jenis ini parket langsung dipasang diatas lantai beton.
Lapisan foam bersentuhan langsung dengan beton sebagai peredam kelembaban dan mengurangi penyerapan suhu dingin yang berasal dari tanah (ingat lantai keramik menyesuaiakan suhu tanah), sekaligus berfungsi menjaga keawetan kayu (kayu peka dengan kelembaban)parket.
Plywood menjaga kestabilan lantai dengan cara mengatur susut muai lantai. Daerah tropis yang memiliki suhu tinggi, bisa membuat material rusak jika tidak diberi ambang toleransi susut muai.. Lapisan plywood biasanya terbuat dari kayu yang empuk dan murah. Sedangkan lapisan parket terletak paling atas terbuat dari kayu
solid kelas kuat dan awet tinggi (I atau II) seperti jati, oak, chery, kempas, merbau dan nayato

3. Parket dari Bahan Kayu Laminate

Parket dari bahan kayu laminate tidak terbuat dari kayu sungguhan, melainkan terbuat dari bahan MDF (Medium Density Fiberboard) atau bahan fiber yang dibuat dengan motif kayu. Pemasangan sama dengan melapisi lantai dengan kertas lapis. Perbedaannya hanya dari sisi tampilan, parket dari kayu laminate cenderung glossy sehingga lantainya cenderung licin

 4. Syarat Pemasangan dari Sisi Pertimabangan Arsitektur

  1. Ruang memanjang, dipasang melintang tidak searah panjang ruang, akan memanipulasi pandangan kita menjadi ruang yang memanjang; ruang yang melebar dan menghendaki kesan lebar berkurang maka dipasang dengan arah 90 derajat sisi melebar.
  2. Untuk ruang-ruang dengan tingkat mobilitas orang dan barang relatif sedikit seperti untuk ruang tidur dapat memilih lantai kayu dengan jenis kayu lunak seperti kayu dengan serat agak halus sehingga terkesan simple membuat nyaman untuk suasana istirahat. Tingkat mobilitas berkaitan dengan kemungkinan terjadinya goresan akibat pemindahan perabot rumah tinggal. Jenis kayu lunak harganya relatif murah.
  3. Untuk ruang atau bangunan dengan mobilitas orang dan barang tinggi seperti bangunan-bangunan komersial sebaiknya menggunakan lantai kayu dari jenis kayu keras, seperti kayu jati, kayu besi/ulin dsbnya, sedang warna agak gelap sehingga tahan kotor atau tidak cepat kelihatan kotor. Kayu jenis ini cukup kuat kena goresan dan sebagai jenis kayu dengan kualitas kuat dan keawetan yang tinggi maka harga lebih mahal dari kayu lunak.
Variasi Dimensi
Dimensi lantai parket yang ada dipasaran adalah sebagai berikut;
a. 18x120x900/750/600 mm,
b. 18x140x900/750/600 mm,
c. 15x90x900/750/600 mm.

Nomor a, artinya tebal 18 mm, lebar 120 mm, ada yang panjang 900 mm atau 750 mm, atau panjang 600 mm

merawat lantai kayuPerhatikan perawatannya dengan baik

Agar lantai kayu tetap indah dan awet, Anda harus hati-hati dalam merawatnya. Saat membersihkan lantai, gunakan sapu yang lembut dari bahan berbulu atau alat penyedot debu (vacuum cleaner). Hindari membersihkan kayu dengan kain basah, begitu juga pencucian lantai kayu, tidak diperbolehkan.

Ingat, musuh utama kayu adalah air dan kayu yang lembab tidak akan bisa bertahan lama. Apalagi lantai kayu pada dasarnya hanya mampu atau bisa menahan air dari lapisan atas saja. Karena itu, sangat di anjurkan untuk memakai alat pembersih lantai khusus.

Bila terkena tumpahan air, semen atau cat, tidak terlalu bermasalah asal segera dikeringkan agar cairan tersebut tidak menyerap ke dalam lantai kayu dan membuatnya rusak. Ketika meletakkan furnitur, sebaiknya dasar kakinya dilapisi karet terlebih dulu. Begitu pula saat memindahkan furnitur, sebaiknya diangkat jangan ditarik, sehingga lantai tidak mengalami goresan.

Meski “bermusuhan” dengan air, tapi pori-pori lantai kayu harus tetap lembab. Untuk itu, setiap tiga bulan sekali lantai kayu harus digosok dengan cairan semacam pelembab. Sedang pada lantai kayu yang siap pasang, umumnya berbentuk rangkaian yang penyatuannya dilapisi zat sejenis formalin. Meski formalin merupakan zat kimia yang tidak disenangi rayap, agar terus awet dan terhindar dari incaran binatang pengerat ini, sebaiknya berikan suntikan antirayap tiga tahun sekali.

Hilangkan noda LANTAI DARI KAYU

– Air bintik: Air dapat menyebabkan bintik-bintik putih terbentuk pada menyelesaikan lantai kayu itu. Terapkan sedikit roh mineral ke pad baja ekstra-halus wol dan menggosok daerah melihat dalam gerakan melingkar.
– Makanan noda: Lap daerah dengan kain lembab, kemudian gosok kering dan lilin.

MENCEGAH goresan

Tempat meluncur atau alas pada bagian bawah kaki furnitur untuk mencegah goresan, penyok dan bentuk lain dari kerusakan pada lantai selesai. Untuk menjaga agar lantai kayu mencari yang terbaik, karpet diletakkan dan pelari di daerah-daerah lalu lintas. Berhati-hatilah ketika bergerak benda berat untuk menghindari scuffing.

Untuk solusi, murah mudah: kaus kaki geser ke kaki kursi dan meja sehingga mereka tidak menggores lantai saat memindahkan furnitur sekitar. Jika Anda memiliki hewan piaraan, trim kuku atau kuku secara teratur sehingga tidak merusak lantai dari waktu ke waktu.

Gunakan sapu yang lembut berambut ketika menyapu lantai untuk mencegah goresan. Jika menyedot debu, pastikan untuk mengaktifkan saklar dimaksudkan untuk lantai.

Melecetkan OUT RUB MEREK

“Lecet tanda bersih tepat,” kata Swindoll. “Gunakan sedikit air dan menggosok daerah lecet.” Untuk tanda keras kepala, Anda bisa semprotkan kain dengan lantai kayu keras lebih bersih dan ringan menggosok bersih. Atau lembut stroke dengan pad baja ekstra-halus wol.

LEPASKAN penyok TUMIT DAN gouges LAINNYA

Sebuah tumit stiletto yang indah dapat memutar kepala, tapi menghancurkan lantai kayu keras Anda. Untuk memperbaiki bopeng yang tumit runcing menciptakan – serta gouges ditinggalkan oleh mebel – Anda mungkin perlu pasir lantai ke kayu mentah dan mempolitur itu, Swindoll kata. Ikuti langkah berikut untuk mempolitur lantai kayu.

PERBAIKAN goresan

Jika lantai Anda adalah korban dari goresan yang tidak menembus semua jalan melalui kayu, Anda dapat memperbaiki dalam beberapa jam. Dikenal sebagai “pad dan recoat,” gunakan penyangga untuk memukul lantai-pasir dan menerapkan sebuah mantel atau dua kayu selesai. Proses ini lebih mudah dan lebih murah daripada pengamplasan dan Refinishing.

Anda dapat menyewa penyangga dari pusat rumah lokal Anda. Setelah buffing dan hidup seadanya sampai permukaan, menerapkan poliuretan noda. Ikuti petunjuk untuk waktu recoat. Umumnya, noda air berbasis perlu dilapis ulang dalam 3 jam; minyak berbasis di 8 atau lebih jam.

Untuk goresan kecil, ada berbagai cara untuk menyembunyikan goresan pada lantai kayu. Berikut adalah perbaikan yang cepat dan mudah beberapa:
– Ambil penanda. Sembunyikan goresan permukaan dengan menyentuh mereka dengan tanda noda-diisi.
– Gosok goresan dengan ujung seperempat. Jika ini tidak menyembunyikan awal cukup, menggosok sejumlah kecil lilin pasta dan penggemar dengan kain lembut.
– Walnut lebih dari sekedar snack. goresan dangkal Perbaikan dengan menggosok dikupas kacang di permukaan. Minyak alami dalam kacang-kacangan membantu menutupi kekurangan.
– Spot pasir itu. Gunakan amplas ekstra-halus atau wol baja dengan lembut buff daerah tergores atau retak, lalu gunakan kapas atau kuas kecil untuk restain kayu.

Gambar untuk kayu lantai…

This slideshow requires JavaScript.