Solusi Cerdas Mempercepat Kinerja Internet Explorer ImageApakah internet explorer anda berjalan lambat? Jika ya, mungkin saatnya untuk mempercepat kinerja internet explorer. Beberapa hal yang menjadi penyebab melambatnya kinerja IE adalah add-ons yang terinstall, toolbar yang dipakai dan software keamanan (yang biasanya berupa plugin) internet explorer.

Sebenarnya, solusi paling cepat untuk mengoptimalkan browsing anda adalah dengan cara mengganti web browser anda dengan yang lain seperti mozilla firefox, safari, opera atau google chrome. Tetapi, karena terlalu fanatiknya anda kepada windows maupun microsoft maka tidak mau menggunakan yang lain, maka tips kali ini bisa bermanfaat buat anda.

Tidak perlu panjang lebar lagi, berikut kami sampaikan bagaimana cara mempercepat kinerja Internet Explorer.

  • Nonaktifkan semua toolbar pada internet explorer. Caranya, klik menu View -> Toolbars dan nonaktifkan toolbar yang tidak berguna.
    Solusi Cerdas Mempercepat Kinerja Internet Explorer Image
  • Pergunakan internet explorer tanpa menggunakan Add-on. Bagi pengguna windows 7, anda bisa menggunakannya dengan mudah. Caranya, klik tombol Start, ketikkan internet explorer pada kolom search dan pilih Internet Explorer (No Add-ons). Dengan pilihan ini, anda bisa menggunakan internet explorer tanpa satu Add-ons pun.
    Solusi Cerdas Mempercepat Kinerja Internet Explorer Image
  • Jika ingin menonaktifkan Add-ons yang tidak perlu, atau mungkin ingin membuangnya secara manual dengan cara klik tombol Tools -> Manage Add-ons. Disable Add-ons yang tidak perlu dan buang Add-ons yang tidak pernah digunakan.
    Solusi Cerdas Mempercepat Kinerja Internet Explorer Image
  • (Jika ada) Nonaktifkan software internet security yang terinstall di komputer anda untuk melihat kecepatan internet explorer. Sebagai contoh, anda bisa mematikan software semacam McAfee internet security, Norton security dan software keamanan yang lain.
  • Reset internet explorer agar kembali ke settingan awal. Caranya, klik tombol Tools, Internet Options. Lanjutkan dengan klik tab Advanced dan tekan tombol Reset pada bagian bawah.
    Solusi Cerdas Mempercepat Kinerja Internet Explorer Image
  • Gunakan pilihan Delete personal settings untuk menghapus semua jejak browsing di internet explorer.
    Solusi Cerdas Mempercepat Kinerja Internet Explorer Image
  • Terakhir, restar internet explorer dengan cara tutup dan buka kembali internet explorer.

Meskipun sudah dihapus melalui internet explorer, pada kenyataannya beberapa toolbar maupun add-ons masih ada di system dan belum sepenuhnya terhapus. Jika ingin menghapunya secara permanen, anda bisa meguninstallnya secara manual melalui Add Remove Program di Control Panel.

Saran kami, seperti yang kami bilang di awal, jika ingin web browser yang lebih berkulaitas, anda bisa mencoba menggunakan web browser lain seperti Mozilla Firefox, Safari, Opera atau Google Chrome. Tetapi, jika anda memang fanatik dengan Internet Explorer dan produk Microsoft yang lain, gunakan tips ini sebagai solusi praktis untuk menstabilkan web browser internet explorer.