Sistem koordinat sangat penting dalam menggambar teknik. Karena setiap titik dan garis memiliki kedudukan masing-masing. Dalam dunia nyata kita dapat meletakkan segala benda dimana saja tanpa aturan-aturan yang mengikat. Namun dalam menggambar tidaklah sama, karena media gambar sangat terbatas, hanya sebesar kertas atau sebatas layar monitor. Untuk itu penting bagi kita untuk mengetahui prinsip sistem koordinat sehingga gambar yang kita buat sesuai dengan bentuk dan perletakannya.
Menggambar dalam AutoCAD pada prinsipnya menggambar dapat dilakukan bebas tanpa menentukan koordinat. Titik maupun garis dapat diletakkan dimana saja. Mengabaikan system koordinat dalam menggambar obyek sederhana barangkali tidak akan menjadi masalah. Namun dalam menggambar obyek yang lebih komplek dan detail, mengabaikan prinsip koordinat pasti akan menjadi masalah besar.
Sistem koordinat pada AutoCAD pada dasarnya sama dengan system koordinat pada umumnya World Coordinate System (WCS). Sedikit perbedaan hanya pada sudut pandang seseorang yang mengoperasikan, koordinat pada AutoCAD dibedakan menjadi dua, yaitu koordinat absolut dan koordinat relative.
Koordinat absolut adalah koordinat yang mengacu pada satu titik (0,0,0) yang secara default terletak pada pojok kiri bawah layar. Titik (0,0,0) ini menjadi acuan setiap perletakan koordinat absolut. Penggunaan koordinat absolut sangat akurat untuk penggambaran obyek, namun kurang efisien pada penggambaran obyek yang komplek. Karena untuk setiap memulai garis dan titik harus memperhitungkan titik (0,0,0) yang barangkali sudah terlalu jauh dari bidang gambar.
Koordinat relatif, sesuai dengan namanya koordinat relatif mengacu secara relative pada titik-titik tertentu yang kita tentukan sendiri dan tentunya sudah tidak memperhatikan lagi titik awal (0,0,0). Dalam hal ini titik yang digunakan adalah titik terakhir yang telah dipilih. Ciri dari koordinat relatif adalah penggunaan tanda @ di awal penulisan koordinat pada AutoCAD.
Dalam prakteknya koordinat pada autoCAD tidak jauh berbeda dengan system koordinat yang seringkali kita gunakan pada ilmu geometri. Penggunaan koordinat yang lazim pada AutoCAD antara lain adalah:

A.    Koordinat Kartesian
Koordinat kartesian mempunyai tiga sumbu utama yaitu X, Y  dan Z. Nilai X adalah jarak mendatar/horizontal. Nilai Y adalah jarak vertical, sedang nila Z adalah jarak yang menjauhi bidang XY. Dalam kondisi default arah Z positif adalah menuju kearah Drafter (juru gambar). Contoh penggunaan koordinat kartesian pada AutoCAD adalah sebagai berikut :

1.    Klik menu Line, atau ketik line pada command line, lalu Enter
2.    Pada command line akan muncul komentar “specify first point:” ketik 0,0 kemudian Enter
3.    “Specify next point or [Undo] : 4,0 enter
4.    “Specify next point or [Undo] : 8,4 enter
5.    “Specify next point or [Close/Undo] : 8,0 enter
6.    “Specify next point or [Close/Undo] : 8,4 enter
7.    “Specify next point or [Close/Undo] : 0,0 atau C lalu enter

C (Close) artinya menutup yaitu kembali pada letak koordinat awal.    Gambar 1.1
Penggunaan koordinat kartesian

B.    Koordinat Polar
Sistem koordinat polar menggunakan aturan arah perpindahan dan besar sudut dalam bidang gambar, atau sering diartikan jarak dan sudut titik yang dituju.
Penulisannya dengan cara “jarak<sudut”. Contohnya : 4<60 ,ini artinya jarak 4, dengan sudut 600.  Ikuti langkah langkah berikut dan Lihat gambar 1.2 untuk lebih jelasnya :
1.    Klik menu line atau ketik line, enter
2.    Klik sembarang tempat pada layar
3.    “Specify next point or [Undo] : @4<60  enter
4.    Ini artinya kita membuat garis dengan panjang 4,0 dan sudut 600.
Perlu diingat bahwa AutoCAD menggunakan system perhitungan sudut Counter Clock Wise (CCW) atau berlawanan arah dengan jarum jam, dalam kondisi default. Dengan perhitungan 00 atau 3600 adalah garis horizontal.

Gambar 1.2
Koordinat Polar

Perhitungan sudut secara positif jika berlawanan arah dengan jarum jam. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menghitung sudut dengan cara searah jarum jam (Clock Wise). Untuk menghitung dengan cara searah jarum jam, maka perhitungan dihitung negatif. Sehingga dapat diartikan bila sudut +2700 = sudut -900.

About these ads